Selasa, 25 November 2014

Kram Kaki Ibu Hamil dan cara penanggulangannya


Kram merupakan kontak secara paksa tanpa sadar dan otot yang bekerja tidak rileks. Pada kondisi normal, otot bekerja secara simultan dengan otot-otot lain. Misalnya, ketika menggerakkan tungkai, maka otot yang mendukung kepala, leher, dan otot di tubuh mendukung postur tubuh. Demikian pula dengan otot-otot lain ketika digerakkan. 

Kram kaki adalah nyeri akibat spasme otot di kaki yang timbul karena otot berkontraksi terlalu keras. Daerah yang paling sering kram adalah otot betis di bawah dan belakang lutut. Nyeri kram dapat berlangsung beberapa detik hingga menit dengan keparahan bervariasi. Kram kaki biasanya terjadi saat kita beristirahat, bahkan mungkin sedang tidur. Orang tua lebih sering terkena kram daripada orang muda. Pada beberapa orang tua, kram bahkan bisa terjadi setiap hari.

Pada ibu hamil cenderung mengalami kram saat tidur, mungkin karena bayi mengambil sebagian besar gizi ibu, sehingga meninggalkan sedikit untuk ibunya. Secara karkteristik, kram itu pasti sakit.
Biasanya penderita harus menghentikan aktivitas apapun dan mencari bantuan. Kram yang sangat parah mungkin terkait dengan rasa nyeri yang disertai dengan pembengkakan, dan secara tersirat otot akan menjadi besar, dan akan berasa kuat.

Bagaimana cara mengatasi kram kaki ini? Seperti dikutip dari Baby Center, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Hindari duduk atau berdiri dengan kaki disilangkan dalam jangka waktu lama.
2. Jangan lupa melakukan peregangan otot betis saat menjalankan aktivitas dan beberapa kali sebelum Anda pergi tidur.
3. Pakai sepatu atau sandal yang nyaman dan tidak sempit sehingga bisa membuat kaki ibu bergerak bebas.
4. Putar-putar pergelangan kaki dan goyangkan ibu jari saat duduk. Misalnya ketika makan malam atau menonton televisi.
5. Lakukan olahraga berjalan kaki setiap hari, setidaknya 10-15 menit.
6. Usahakan jangan terlalu lelah. Istirahat lah dengan membaringkan tubuh ke kiri untuk memperlancar aliran darah ke kaki.
7. Banyak minum air putih agar Anda tidak dehidrasi.
8. Mandi air hangat sebelum tidur untuk melemaskan otot-otot tubuh.
9. Konsumsi suplemen yang mengandung potassium dan magnesium untuk mencegah kaki kram. Sebelum mengonsumsi suplemen ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter kandungan.
10. Jika kram terjadi saat tidur, cobalah pijat kaki atau rendam kaki di air hangat. Bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan selama beberapa menit juga bisa membantu mengatasi kram tersebut.
 
Sumber :
http://kampungmp3.hexat.com/sehat6
http://wolipop.detik.com/read/2012/02/03/183436/1833878/857/cara-atasi-kram-kaki-yang-ganggu-tidur-ibu-hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar