Rabu, 15 April 2015

BELAJAR EFEKTIF



CARA BELAJAR EFEKTIF

Apa Itu Belajar
Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.

Siapa Yang Perlu Belajar
Menuntut ilmu sangat diperlukan bagi siapapun yang ingin beruntung, sebagaimana hadits rasul
Hadits “Kewajiban Mencari Ilmu”
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Artinya : ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr)
Hadits “Menginginkan Kebahagiaan Dunia-Akhirat Harus Wajib dengan Ilmu”
مَنْ أَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِا لْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَالْاآخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
Artinya : ”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Kapan Kita Belajar
Kita harus belajar mulai dari lahir sampai dengan liang lahat, sebagaimana hadits rasul
Hadits “Menuntut Ilmu”
أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْدِ
Artinya : ”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)





Sumber-sumber pembelajaran
Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design), yakni sumber belajar yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.   

Sumber belajar yang dimanfaatkan(learning resources by utilization), yaitu sumber belajar yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya dapat ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

Kenapa Kita Belajar
Belajar itu diperlukan untuk meningkatkan kualitas diri dari segi pengetahuan, sikap dan tingkah laku serta kecakapan dalam hidup. Sangat malang orang yang sudah bersekolah tinggi, tetapi tak mau belajar lagi karena merasa ilmunya sudah tinggi. Sebaliknya, sangat beruntunglah orang yang bersekolah rendah namun selalu kehausan akan ilmu pengetahuan. Mereka mau dan terus belajar untuk melepas dahaga akan ilmu pengetahuan.

Bagaimana Kita Belajar Secara Efektif
1.       Berpikir Positif, jangan berpikir dari awal kalau ini susah dan kita tidak akan bisa menguasasinya
2.       Pilih tempat yang memang nyaman untuk belajar, tempat yang jauh dari keramaian seperti perpustakaan sangat baik untuk belajar
3.       Hanya membawa benda yang diperlukan saat belajar dan tinggalkan yang hanya akan mengalihkan perhatianmu
4.       Tingkatkan kemampuan mengingat anda, di internet sudah banyak disediakan cara untuk dapat meningkatkan ingatan.
5.       Belajar dengan cara yang berbeda-beda. Jangan terpaku dengan mitos cara belajar anda yang paling cocok. Kemampuan untuk dapat belajar dengan cara yang berbeda dapat meningkatkan kemampuan adaptasi anda dalam menyerap ilmu.
6.       Terus belajar dan berlatih.
7.       Tingkatkan konsentrasi anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar