Sabtu, 11 April 2015

Merawat Bayi 4 sampai 6 bulan



PERKEMBANGAN BAYI UMUR 4 SD 6 BULAN
Bayi 4 bulan anda berkembang serta bertambah waspada dan responsif hari demi hari. Bayi umur 4 bulan senang mengekspresikan diri melalui senyuman, ketawa, degukan dan celotehan. Berikut pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 4 bulan yang bisa anda harapkan dicapai buah hati anda.
Pertumbuhan bayi 4 bulan
Berat badan bayi usia 4 bulan biasanya akan bertambah dua kali lipat dari berat badan lahir. Jika anda kuatir bayi anda tidak mendapatkan asupan gizi yang baik atau berat badan yang cukup, segera konsultasikan dengan dokter anak anda.
Pertumbuhan gigi bayi usia 4 bulan
Umumnya bayi baru mulai tumbuh gigi pada usia delapan bulan, namun ada sebagian bayi yang sudah tumbuh gigi pada usia empat bulan. Tanda-tanda bayi sudah mau tumbuh gigi: ngiler, ruam di wajah karena air liur, menggigit objek untuk mengurangi rasa gatal, rewel, hilang selera makan, menarik telinga kanan atau mengucek pipi yang sakit dan diare.
Perkembangan bayi 4 bulan: Kemampuan motorik
Untuk perkembangan motorik halus, bayi anda semakin terampil sekarang. Ia mulai bisa memindahkan mainan atau objek lainnya dengan kedua tangannya. Bahkan ia akan mengapai apa saja yang bisa dicapainya termasuk rambut anda, boneka gantung dan objek warna warni atau berkilau yang tergantung di dekatnya (anting, kalung, dll).
Sedangkan tumbuh kembang bayi 4 bulan dari segi motorik kasar, kepalanya sudah tidak lagi terhuyung-huyung saat ini. Bayi 4 bulan umumnya sudah memiliki kontrol kepala yang cukup baik pada saat didudukinya dan bisa menahan kepala dan lehernya pada saat posisi tengkurap. Mereka juga sudah bisa menendang dan mendorong dengan kakinya. Bahkan ada bayi yang sudah bisa berguling telentang dari posisi tengkurap.
Pertama kalinya bayi berguling umumnya dari posisi tengkurap ke telentang. Bentuk perut bayi yang bulat memungkinkan bayi untuk berayun dari sisi ke sisi dan kemudian membalikkan badannya. Dorong buah hati anda untuk berguling dengan menaruh mainan favoritnya sedikit di luar jangkauannya. Sewaktu ia mencoba meraih mainannya ia mungkin berguling lagi.
Tumbuh kembang bayi 4 bulan: Tidur
Bayi umur 4 bulan sudah bisa tidur nyenyak sepanjang malam, biasanya tujuh sampai delapan jam. Ditambah dengan tidur siang dua kali, total tidur bayi akan berkisar antara 14 sampai 16 jam per hari
Pertumbuhan bayi usia 4 bulan: Indera
Pada tiga bulan pertama bayi kesulitan dalam membedakan kontras warna sehingga ia lebih tertarik dengan warna terang dan objek hitam putih. Di usia empat bulan, penglihatan bayi semakin tajam. Ia mulai bisa melihat kontras warna yang lebih samar seperti kancing biru di kemeja biru. Jangkauan penglihatannya juga semakin jauh namun biasanya mereka masih lebih suka memperhatikan orang dalam jarak dekat.
Matanya seharusnya tidak juling lagi pada usia ini di mana kedua matanya sudah bisa mengikuti objek atau orang di sekitar ruangan secara bersamaan. Jika matanya masih sering juling jangan lupa untuk mendiskusikannya dengan dokter anak anda.
Perkembangan bayi umur 4 bulan: Komunikasi
Pada umur 4 bulan, bayi mulai menyadari akan reaksi orang-orang di sekitarnya terhadap tindakannya. Jika ia menangis, anda menghampirinya. Jika ia menjatuhkan sesuatu, anda memungutnya. Ia bahkan sengaja menjatuhkan objek yang sama berulang kali hanya untuk melihat anda memungutnya lagi dan lagi.
Bayi usia ini juga belajar untuk berkomunikasi secara efektif. Mereka mengekspresikan diri melalui degukan, celotehan seperti ooh dan aah, pekikan dan tertawa. Ia juga bisa mengekspresikan beragam emosi mulai dari tersenyum lebar karena gembira, muka cemberut karena kesal hingga membuka mulut lebar-lebar karena kaget atau heran. Bayi usia 4 bulan juga mulai belajar mengenali emosi anda dari suara dan ekspresi wajah anda.
Berikut perkembangan bayi minggu ke minggu di usia empat bulan:
Minggu ke-14: Memahami sebab akibat
Minggu ke-15: Mulai bisa mengingat
Minggu ke-16: Penglihatan semakin baik
Minggu ke-17: Memperhatikan pola
Perawatan bayi 4 bulan: Makan
Hindari memberikan makanan padat pada bayi usia 4 bulan kecuali jika bayi anda berbadan besar (sehingga asi atau susu formula tidak cukup mengenyangkannya dan mendukung perkembangan bayi usia 4 bulan anda) dan siap untuk menerima makanan padat. Pastikan bayi anda sudah bisa menopang kepala dan lehernya dengan baik serta bisa duduk tegak dengan disangga. Jika memungkinkan konsultasikan hal ini dengan dokter anak anda terlebih dahulu.
Makanan padat pertama bayi anda bisa berupa bubur susu yang encer (bisa dicampur dengan asi atau sufor) atau buah-buahan yang diencerkan (pisang, alpukat, pir dsbnya). Lihat reaksi bayi anda, jika ia menolaknya maka anda mungkin harus menunggu satu atau dua minggu lagi sebelum mencoba memberinya makan kembali.
Tips perawatan bayi 4 bulan
  • Berikan buah hati anda berbagai benda dengan tekstur berbeda untuk dieksplorasi.
  • Sediakan waktu beberapa menit setiap hari untuk membaca atau bernyanyi bagi bayi anda.
  • Mengecap merupakan salah satu caranya untuk mengeksplorasi dunianya saat ini karenanya apapun yang berhasil dipungutnya akan dimasukkan ke mulutnya. Hindari mengeletakkan benda-benda kecil yang bisa membuatnya tercekik.
  • Walaupun perkembangan bayi 4 bulan belum masuk tahap merangkak dan bahkan mungkin belum bisa berguling, anda sudah bisa mulai mengamankan rumah anda misalnya mengunci lemari, memasang pagar tangga dan menyimpan produk pembersih dan barang-barang berbahaya lain di tempat tinggi dan jauh dari jangkauan tangan bayi anda yang penuh rasa ingin tahu.
  • Perawatan bayi usia 4 bulan termasuk juga menemani bayi anda bermain. Ceritakan apa yang sedang anda kerjakan, yang ia kerjakan, objek yang dipegangnya dan segala sesuatu yang menarik perhatiannya. Dengan mendukung minat alami bayi anda, anda menunjukkan respek atas perkembangannya bayi 4 bulan anda sebagai individu yang unik.
  • Anda juga bisa mulai membacakan buku cerita atau bernyanyi kepada buah hati anda. Ia akan senang dipeluk atau digendong sambil mendengar suara anda. Awalnya, ia mungkin tidak tertarik dengan apa yang anda bacakan dan lebih senang menyentuh sampul atau isinya, mencoba membalik halaman atau bahkan menjilati buku tersebut. Namun, suara anda yang lembut, kedekatan yang terjalin dan pengalaman menyentuh buku tersebut sangat penting. Tanpa anda sadari seiring dengan tumbuh kembang bayi 4 bulan anda, ia akan semakin tertarik dengan suara anda dan objek yang anda ceritakan. Tidak lama lagi ia akan mengambil sebuah buku, meminta anda membacakannya dan mengulang suara yang anda buat terus menerus.

·  Sentuh bayi anda. Selain mempererat ikatan batin, sentuhan juga bisa membantu perkembangan otak. Mengemong bayi anda atau mengelus kepalanya sampai ia tertidur meningkatkan pelepasan hormon yang berguna untuk pertumbuhan bayi 4 bulan anda.
·  Memijat bayi merupakan bagian dari perawatan bayi 4 bulan. Luangkan waktu beberapa menit sehari untuk memijat bayi anda untuk mendukung perkembangan bayi 4 usia bulan anda. Bayi yang dipijat secara rutin lebih sedikit memproduksi hormon stres sehingga umumnya bertambah berat badan lebih cepat, tidur lebih nyenyak.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan
Bulan ke-5 merupakan masa transisi bagi bayi anda di mana ia mulai mencoba berbicara (benar-benar berbicara) dan mengeksplorasi berbagai suara yang bisa ia buat. Berikut ulasan singkat pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan yang bisa anda harapkan dicapai buah hati anda.
Pertumbuhan bayi 5 bulan: Kemampuan motorik kasar
Bayi usia 5 bulan sudah bisa duduk tegak untuk waktu yang lebih lama. Kebanyakan bayi menyukai posisi ini di mana ia bisa melihat tubuhnya dan hal menarik lainnya di sekitarnya. Anda mungkin masih harus menyangga bayi anda tapi biasanya ia sudah bisa duduk tanpa disangga selama beberapa saat.
Ada bayi yang sudah bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap di usia ini. Begitu ia sudah bisa berguling ia akan mencoba menggerakkan kakinya, mempersiapkan diri untuk kemampuan baru yang akan dicapainya beberapa bulan lagi yaitu merangkak dan bergerak maju. Jika ia sudah bisa berguling, jangan pernah meninggalkannya di ranjang atau permukaan tinggi lainnya di mana ia bisa berguling tanpa sadar sehingga terjatuh dan terluka.
Perkembangan bayi 5 bulan: Kemampuan motorik halus
Genggaman bayi 5 bulan semakin kuat. Ia bisa menarik benda ke dekatnya, menggenggamnya dan dengan ahlinya memindahkannya ke tangan yang lain. Ia bahkan mungkin bisa memegang botol atau gelas sendiri.
Pertumbuhan bayi usia 5 bulan: Tidur
Kebanyakan bayi umur 5 bulan bisa tidur sepanjang malam walaupun tidak semua. Memandikannya dengan air hangat kemudian menggendong atau mengayunkannya sambil bernyanyi atau bercerita akan membuatnya mengantuk.
Pada siang hari bayi masih membutuhkan dua kali tidur (pagi dan sore). Usahakan untuk tidak menunda tidurnya sampai ia terlalu capek atau rewel. Tidurkan bayi anda jika ia kelihatan mengantuk.
Perkembangan bayi usia 5 bulan: Indera
Penglihatan bayi 5 bulan terus berkembang. Pada tahap ini, bayi masih belum memiliki penglihatan 20/20, tapi ia bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak dan kedua matanya sudah bisa fokus bersamaan tanpa juling. Ia juga sudah bisa membedakan berbagai warna tapi biasanya masih lebih menyukai warna primer seperti merah, biru dan kuning.
Tumbuh kembang bayi usia 5 bulan: Komunikasi
Bayi umur 5 bulan sudah mengetahui berbagai bunyi yang bisa ia buat dengan lidah dan bibirnya. Perhatikan suara bayi yang penuh kegembiraan yang disertai percikan busa. Ia mulai mengeluarkan suara celotehan yang terdiri dari huruf konsonan dan vokal seperti "ba-ba" atau bahkan mungkin "ma-ma" atau "da-da" (walaupun belum bisa mengasosiasikannya). Ia mengeksplorasi suara yang bisa ia buat dan mungkin mengulangnya terus menerus. Semua ini merupakan bentuk awal dari perkembangan bahasa dan komunikasinya, dan ia sedang berlatih.
Suara berharga lainnya yang sering dan ingin anda dengar terus adalah suara tertawa pertamanya. Dukung tumbuh kembang bayi 5 bulan anda dengan menciptakan waktu bergembira dan tertawa bersama bayi anda, coba gelitiki bayi anda, ikut tertawa dengan lelucon yang mungkin dibuatnya atau lakukan hal yang mungkin menggelikan bagi bayi anda dan mengundang tawanya.
Pada umur 5 bulan, bayi mulai mengerti suara yang didengarnya seperti gonggongan anjing atau suara mesin. Walaupun belum mengerti kata, ia mungkin merespon ketika namanya dipanggil.
Ia juga belajar cara memberi tahu anda apa yang dibutuhkannya lewat suara yang dibuatnya. Perhatikan dan coba bedakan suara yang dipakainya pada berbagai kondisi seperti saat ia lapar, capek atau ingin bermain.
Perkembangan bayi minggu ke minggu di usia lima bulan:
Minggu ke-18: Sinkronisasi suara dengan gerakan
Minggu ke-19: Lebih senang musik daripada percakapan
Minggu ke-20: Memahami jalur
Minggu ke-21: Mencocokkan suara dengan gerakan
Perawatan bayi usia 5 bulan: Pemberian makanan padat
Saat ini, banyak praktisi kesehatan anak sepakat bahwa waktu terbaik untuk memulai makanan padat pada bayi adalah di atas usia 6 bulan,bahkan sampai umur 9 bulan, sumber utama nutrisi bayi masih dari asi atau susu formula. Namun jika pada usia 5 bulan bayi anda kelihatan tertarik dengan makanan serta tidak cukup kenyang dengan pemberian asi atau susu formula saja maka anda bisa mempertimbangkan pemberian makanan padat. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak anda sebelum memulai pemberian makanan padat di usia ini.
Beberapa tanda bayi sudah siap menerima makanan padat:
  • Memperlihatkan tanda-tanda tertarik dengan makanan misalnya memperhatikan makanan anda, menyentuhnya, mengambil, dan memasukkan makanan dari piring anda ke mulutnya.
  • Bayi sudah bisa menopang kepalanya dengan baik.
  • Kemampuan koordinasi bibir bawah untuk menyedot makanan dari sendok.
  • Usus bayi sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat atau sudah memproduksi enzim pencernaan tertentu.
  • Bayi harus belajar menelan dengan cara mendorong makanan padat ke belakang mulut.
Makanan padat pertama yang anda berikan untuk mendukung tumbuh kembang bayi usia 5 bulan sebaiknya berupa makanan yang mudah dicerna dan rasanya sudah akrab di lidah bayi seperti sereal, bubur beras atau gandum yang dicampur dengan asi atau sufor. Pure pisang, labu, ubi, pir, saus apel dan wortel juga bisa menjadi pilihan makanan padat pertama bayi anda.
Perhatikan reaksi bayi anda terhadap makanannya. Jika ia menolak dan melepehkannya kemungkinan ia belum siap menerima makanan padat. Tunggu beberapa hari sebelum memulai pemberian makanan padat kembali.

  • Bayi menyukai musik. Mainkan segala jenis lagu mulai dari klasik, jazz sampai pop. Bayi anda akan girang, tersenyum dan bahkan mungkin berceloteh.
  • Berikan bayi anda mainan warna warni yang simple seperti balok lunak atau giring-giring. Sebutkan nama benda yang anda berikan untuk mengajari bayi anda kosakata baru.
  • Pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan berlangsung cepat, tidak lama lagi ia akan bergerak makin jauh. Jika anda belum mengamankan rumah anda, lakukan sesegera mungkin. Tutup colokan listrik, taruh produk pembersih dan barang berbahaya lainnya di tempat yang jauh dari jangkauan bayi. Jangan meninggalkan minuman panas, setrikaan,dsbnya di tempat yang bisa dijangkau bayi anda.

Pada saat bayi berusia kurang lebih 5 bulan, terdapat fase dimana ia akan melihat kakinya sebagai mainan baru. Orang tua akan menemukan saat dimana bayi akan sering kali melihat kakinya, dilanjutkan dengan meraih dan memegang kakinya secara berulang-ulang. Sering kali kegiatan ini juga diikuti dengan mengemut jari kaki.

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Tidak terasa anda sudah berhasil melewati setengah masa dari tahun pertama pengasuhan bayi anda. Bayi anda sudah mulai belajar berkomunikasi dan mungkin sudah memakan makanan padat sekarang. Berikut beberapa perkembangan milestone bayi usia 6 bulan yang bisa anda harapkan dicapai buah hati anda di usia ini.
Pertumbuhan bayi 6 bulan
Di beberapa bulan pertama kehidupannya, bayi bertambah berat badan sekitar 600 gr sampai 1,5 kg per bulan. Berat badan bayi usia 6 bulan seharusnya sudah dua kali lipat dari berat badan waktu lahir. Pertambahan berat badan bayi melambat ke sekitar 500 gr per bulan memasuki 6 bulan ke-2 kehidupannya. Pertumbuhan tinggi badan juga melambat antara 1 sampai 11/2 cm per bulan di periode ini.
Tumbuh kembang bayi 6 bulan: Kemampuan motorik kasar
Di usia 6 bulan bayi mulai bisa duduk sendiri. Awalnya ia mungkin harus menopang badannya dengan tangannya tapi sejalan dengan waktu ia akan bisa duduk tanpa topangan tangannya.
Bayi umur 6 bulan mungkin sudah bisa berguling ke posisi telungkup dan telentang sendiri. Ia bahkan mungkin bisa menggeser badannya maju atau mundur dengan mendorong lantai pad saat tengkurap.
Perkembangan bayi 6 bulan: Kemampuan motorik halus
Kemampuan motorik halusnya juga semakin berkembang. Setelah mengetahui bahwa ia bisa menggunakan tangannya untuk memukul, memegang dan menggoncangkan berbagai benda, sekarang ia belajar bahwa ia bisa menggunakan jarinya satu persatu atau bersama-sama untuk menjumput objek yang lebih kecil. Kemampuan ini akan terus berkembang dalam beberapa bulan ke depan.
Di usia ini, jangan terpancing untuk membandingkan bayi anda dengan bayi lainnya karena bayi merupakan individu yang unik dengan minat dan preferensinya sendiri. Perihal perkembangan bayi usia 6 bulan, ada bayi yang lebih tertarik untuk mengembangkan kemampuan motorik kasarnya dari pada motorik halusnya. Ada yang sudah mulai mencoba merangkak dengan menyeret perutnya di usia ini ini, ada pula yang lebih senang duduk dan mengamati saja.
Tidur bayi 6 bulan
Kebanyakan bayi umur 6 bulan sudah bisa tidur terus menerus selama enam sampai delapan jam per sekali tidur. Karena ia sudah bisa berguling, ia mungkin tidur dalam keadaan telentang dan bangun dalam posisi tengkurap. Resiko SIDS juga menurun di usia ini, namun tetap hindari hal-hal yang bisa mengakibatkan SIDS.
Pertumbuhan bayi usia 6 bulan: Makan
Umumnya bayi usia 6 bulan sudah siap menerima makanan padat. Mulailah dengan bubur susu atau buah-buahan yang mudah dicerna seperti pisang. Selanjutnya, perkenalkan berbagai buah dan sayur satu demi satu - berikan selang waktu tiga atau empat hari sebelum mengenalkan makanan baru - untuk memastikan bayi tidak alergi (seperti ruam, mata gatal, diare atau muntah) terhadap makanan tersebut.
Jika ia tidak menyukai makanan baru, tunggu beberapa hari dan coba berikan kembali. Bayi mudah berubah dan seleranya bisa berbeda dari hari ke hari.
Hindari memberikan makanan yang mungkin menimbulkan alergi seperti buah berry, coklat, putih telur, kacang tanah, kerang, kacang kedelai, dsbnya terlebih dahulu. Madu hanya boleh diberikan setelah bayi berusia satu tahun ke atas. Susu sapi juga tidak boleh diberikan sebelum bayi berusia satu tahun, namun produk turunan susu seperti yogurt atau keju sudah boleh diberikan.
Tumbuh kembang bayi 6 bulan: Komunikasi
Bayi umur 6 bulan sudah bisa tersenyum, tertawa dan berceloteh. Ia mungkin mengucapkan kata-kata seperti "mamamama" atau "dadadada" walaupun belum bisa mengasosiasikannya dengan orang tuanya. Untuk membantu perkembangan bahasa bayi 6 bulan, tanggapi celotehannya walaupun tidak ada artinya dan bacakan buku cerita untuknya.
Seiring pertumbuhan bayi 6 bulan, bayi juga sudah mulai mengenali orang dan benda di sekitarnya. Ia akan merasa nyaman dengan hal-hal yang dikenalnya seperti mama, papa, kakek, nenek serta mainan favoritnya. Ia mungkin sudah bisa meminta digendong dengan cara mengangkat kedua tangannya. Ia juga mungkin mulai takut terhadap orang atau situasi yang asing baginya.
Tips mendukung perkembangan bayi usia 6 bulan
  • Konsultasikan dengan dokter anak anda jika anda kuatir bayi anda belum mencapai beberapa milestone seperti berceloteh, duduk sendiri, melakukan kontak mata atau bereaksi pada suara.
  • Bermain ci luk ba dengan bayi anda akan mengajarkan konsep keberadaan objek - objek tetap ada meskipun tidak terlihat.
  • Jauhkan mainan dengan bagian-bagian kecil yang bisa mengakibatkan tersedak.
  • Untuk membantu perkembangan bayi usia 6 bulan dalam hal kemampuan motorik, tempatkan mainan di lantai jauh dari jangkauannya untuk mendorong bayi anda merangkak.


Kita dapat membantu memberikan stimulasi pada bayi dengan cara:
a.     Angkat bayi dengan posisi tegak. Pegang bayi melalui bawah ketiaknya, biarkan kakinya menyentuh meja, tempat tidur, atau pangkuan anda. Biarkan ia menggoyang-goyangkan badannya dan mengayunkan badan naik turun. Bayi mulai belajar cara menyangga badan dengan kedua kakinya. Putarkan musik dan ajak berdansa. Biarkan bayi menendang-nendang sesuka hatinya.

b.    Latih otot-otot leher bayi agar dapat mengontrol kepalanya. Posisikan bayi terlentang, tarik perlahan-lahan pada kedua pergelangan tangannya hingga bayi pada posisi setengah duduk atau duduk. Jika bayi belum dapat mengangkat kepalanya (kepala tetap terjatuh kebelakang) jangan lanjutkan latihan ini.

c.    Posisikan bayi untuk duduk. Bila ia sudah dapat duduk sendiri tanpa sanggahan, dudukanlah ia di lantai. Bila bayi belum dapat duduk tanpa dibantu, dudukanlah ia di kursi dengan sandaran.

d.    Latih bayi untuk memegang benda dengan tangan kiri dan kanan. Selain itu, latih juga agar ia dapat memegang dengan kuat. Berikan benda kepada bayi, lalu coba tariklah benda tersebut dari tangan bayi. Hal ini akan membantu bayi untuk belajar memegang benda dengan kuat.

e.    Mulai ajarkan bayi untuk mengambil benda-benda kecil. Namun awasi jangan sampai benda-benda kecil tersebut tertelan oleh bayi.

f.     Perkenalkan bayi dengan suara-suara baru. Perhatikan dan ajarkan untuk melihat dan menoleh ke arah suara tersebut. Bayi terkadang kaget jika mendengar suara-suara yang kencang.

g.    Coba bicara dan mengulang-ulang kata-kata sederhana di depan bayi, seperti “mama” atau “papa”, walaupun ia belum mengerti artinya. Mulai sebutkan juga benda-benda sederhana yang berada disekitar bayi.

h.    Ajaklah bayi untuk bermain “ciluk-ba

i.     Ajaklah bayi untuk melihat dirinya di cermin. Pada umur ini, bayi senang melihat dirinya di cermin.

j.     Letakkan mainan sedikit di luar jangkauan bayi, agar bayi berusaha meraih mainan tersebut. Akan tetapi, jangan biarkan bayi berusaha meraih terlalu lama, agar bayi tidak keburu jenuh dan kecewa.

k.     Lanjutkan stimulasi-stimulasi yang sebelumnya sudah dikerjakan sampai bayi fasih dan melangkah ke stimulasi berikutnya

Jenis-jenis mainan yang dapat membantu perkembangan bayi usia 4-6 bulan:
  • Teether, rattle, boneka gantung berwarna cerah, serta mainan yang sudah ada pada tahap sebelumnya masih cocok untuk usia ini. Namun, kecerdasan, keterampilan, dan mobilitas bayi semakin meningkat.
  • Boneka yang digantung juga masih cocok untuk usia ini, selain belajar meraih bayi juga mulai belajar menendang-nendang boneka gantung ini.
  • Mainan yang memiliki cermin dapat menjadi satu pilihan, namun pilih yang dikemas dengan baik dan aman. Mainan yang memiliki cermin bertepi tajam dan mudah pecah tidak aman untuk bayi.
  • Mainan yang memiliki tombol untuk ditekan juga disenangi bayi. Bayi akan mulai mengeksplorasi mainan dengan jari-jari mungilnya. Dengan adanya tombol, bayi akan belajar lebih terampil dalam menggunakan jarinya.
Di usia 5-6 bulan, anak Anda seharusnya sudah bisa memerhatikan suatu obyek dan mulai menggapainya.
Tips melatihnya:
- Pasang tempat tidur gym untuk bayi. Ini akan membantu si anak untuk memukul obyek di atas kepalanya. Untuk keamanan, segera bongkar tempat tidur gym ini ketika si bayi sudah bisa duduk.
- Saat bayi telentang pada lantai, ayunkan obyek di atas kepalanya dengan jarak sekitar 3-8 inci agar ia bisa memukul benda tersebut.
- Untuk membantu bayi 4 bulan Anda menggenggam barang, berikan mainan bunyi-bunyian untuk digenggam. Barang-barang yang membuat bunyi-bunyian saat digoyang-goyangkan, atau memiliki tekstur untuk dikunyah, bisa membantunya berlatih menggenggam.
- Letakkan beberapa mainan dalam daya raihnya. Biarkan ia menggenggam barang-barang saat ia menelungkup di lantai.

Permainan Menyenangkan Bagi Bayi 4 Bulan –  Sangat menyenangkan bila kita memiliki buah hati yang baru saja lahir atau bahkan yang masih berusia balita. Dengan hadirnya sang buah hati di tengah-tengah keluarga tentu akan menjadi satu hiburan yang berbeda bagi Anda.
Namun Anda juga bisa memberikan permainan lain yang menyenangkan bagi si buah hati saat Anda sedang menemani bermain bersamanya. Berikut beberapa permainan bagi buah hati Anda :
  • Permainan meraih dan menggoyang. Tawarkan giring-giring kepada buah hati Anda, gelang-gelangan berukuran empat inci (10cm), boneka yang terbuat dari kain dan selimut kecil yang lembut.
  • Permainan duduk dan menepuk. Gantungkan mainan yang menarik atau bergerak yang berada didalam jangkauan si buah hati. Perhatikan betapa ia akan meninjunya atau mencoba untuk memeluk mainan itu.
  • Mainan yang bisa ditendang. Ballon gas hellium yang memiliki tali pendek, mainan dengan bunyi berderik, dan mainan yang menimbulkan suara lainnya, bisa diletakkan di dekat pergelangan kakinya untuk meningkatkan kemampuan menendangnya. Ia juga bisa menendang benda yang bergerak atau bola pada jarak yang tidak jauh, semua tentunya di bawah pengawasan Anda.
  • Bernain dengan ibu jari. Di bawah pengawasan, beri buah hati Anda segulung benang untuk mengaktifkan jari jemarinya. Ubah teksturnya dengan menggunakan bermacam jenis benang. Dengan memotong benang menjadi sepanjang enam inci dan mengikatkannya pada jari bayi, hal itu dapat membantu dia untuk menyadari bahwa ia bisa menggerakkan benang-benang itu secara terpisah. Sesudahnya, boneka yang ringan dapat ditambahkan pada benang yang menggantung.
  • Duduk di atas sofa. Dudukkan bayi pada bantalan sofa. Ia bisa menghabiskan waktu lima menit sampai sepuluh menit guna melihat-lihat dan menikmati posisi serta tempat terbaru yang menyenangkan.
  • Permainan mengguling-gulingkan mainan. Berikan bola pantai yang besar kepada bayi Anda, dan gelindingkan secara pelan ke depan dan ke belakang, ini akan memabantunya untuk mengembangkan keseimbangan.
  • Bermain cilukba. Permainan kuno favorit ini bisa dimainkan dengan menyembunyikan wajah Anda di balik pakaian atau poster, dan muncul secara tiba-tiba dari balik ranjang si buah hati. Pastikan untuk berbicara kepada buah hati Anda dan membuat mimik wajah yang dilebih-lebihkan.
  • Permainan menarik benda. Peganglah benda berbentuk batangan kecil, seperti tongkat golf di depan dada bayi Anda. Ia akan meraihnya, mempererat pegangannya, dan secara perlahan menarik dirinya sendiri ke atas.
  • Bermain dengan cermin. Bayi suka bila didudukkan dan dipegang di depan kaca, sambil menikmati gerakan mereka sendiri.
  • Kitik-kitik. Lakukan permainan itu sambil menggunakan suatu vokal tertentu sehingga Anda berdua akan tertawa lepas.
Dan yang terpenting adalah kewaspadaan terhadap sang bayi, jangan sampai Anda lengah dan meninggalkan bayi Anda bermain sendiri. Selamat bermain dengan buah hati Anda.


Sumber :
4.       http://www.bayi.web.id/permainan-menyenangkan-bagi-bayi-4-bulan.html

1 komentar:

  1. Anda Bosan Menjadi Pemain Dan Ingin Menjadi Bandar??? Temukan Solusinya Hanya Di PesonaQQ.com

    Penawaran Special Dari PesonaQQ Untuk Anda Yang Bergabung Hari Ini Juga :

    =>> Bonus Turnover 0.3% - 0.5% (Perhari)
    =>> Bonus Referensi 20% (Seumur Hidup)

    Keuntungan Anda Yang Bergabung Bersama Kami Di PesonaQQ :

    *Data Anda Aman Bersama Kami
    *Pelayanan Customer Service Yang Ramah 24/7
    *Tersedia 8 Permainan Dalam 1 Web Yang Sesuai Dengan Skill Anda (Poker, Domino QQ, Capsa Susun, Adu Q, Bandar Q & Bandar Poker)
    *Bonus TURNOVER Yang Melimpah & Bonus REFERENSI Yang Berlaku Seumur Hidup
    *Hanya Dengan 1 Akun Anda Sudah Bisa Bermain Semua Game Di PesonaQQ.com

    Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi???

    Ayok Tunjukkan Skill Anda Sekarang Juga, Hanya Di PesonaQQ.

    BalasHapus